Perpanjangan Hak Merek

Saya penggemar berat bekerja dengan pengusaha. Saya sendiri. Faktanya, beberapa teman dekat mungkin berani mengatakan bahwa saya adalah seorang pengusaha serial, tetapi itu adalah cerita yang sama sekali berbeda. Saya sering bertanya-tanya apa yang terlintas dalam pikiran orang ketika mereka membuat keputusan untuk keluar sendiri. Apakah menjadi pemilik bisnis adalah sesuatu yang selalu mereka impikan untuk diri mereka sendiri atau apakah mereka dipaksa hak merek untuk menjalankan peran tersebut karena tidak dapat mengamankan posisi di dalam perusahaan?

Terlepas dari bagaimana seseorang beralih ke kewirausahaan, mereka perlu memahami bahwa memulai bisnis lebih dari sekadar menjual produk atau layanan. Ini tentang melihat gambaran besar dan tentang mengembangkan merek di sekitar produk atau layanan. Mereka perlu mengembangkan cetak biru merek. Sebagaimana seorang arsitek membutuhkan cetak biru dan harus meletakkan fondasi untuk membangun rumah, sebagai pengusaha kita membutuhkan proses dan fondasi yang serupa. Artikel ini mencakup tiga elemen yang perlu dipertimbangkan sebagai bagian dari cetak biru merek.

Kembangkan Unique Selling Proposition (USP) merek Anda

Konsep USP digunakan oleh ribuan pemasar untuk mengembangkan pesan manfaat yang digunakan dalam materi iklan, branding, dan promosi. Pernyataan pemasaran yang menggambarkan keunikan atau titik perbedaan Anda, dalam kaitannya dengan manfaat utama yang akan diperoleh pelanggan Anda, disebut Unique Selling Proposition, atau USP.

Proposisi penjualan unik Anda adalah pernyataan manfaat yang Anda buat yang unik untuk produk atau layanan Anda yang penting bagi konsumen. Intinya, USP menjadi janji bahwa pelanggan, klien, atau prospek Anda akan menerima manfaat unik ini hanya dengan menggunakan produk atau layanan Anda. Dalam beberapa kasus, USP juga disebut sebagai janji merek.

Singkatnya, konsep USP adalah menciptakan garis ‘pick-up’ yang akan membuat pelanggan Anda lebih menyukai Anda daripada pesaing Anda.

USP Anda menentukan siapa Anda, dan apa yang Anda lakukan … sehubungan dengan manfaat yang diterima klien Anda saat menggunakan produk atau layanan Anda. Membuat USP Anda sendiri memungkinkan Anda untuk menentukan citra dan pemosisian Anda kepada konsumen, relatif terhadap persaingan.

Ciptakan Kepribadian Merek

Merek Anda memiliki kepribadian. Seperti halnya setiap orang memiliki kepribadian, begitu pula produk atau layanan Anda, baik Anda atau publik menyadarinya. Pikirkan itu sejenak. Apa tipe kepribadian Anda?

Bagian dari menciptakan merek juga melibatkan pembuatan atribut kepribadian merek Anda. Atribut merek merupakan karakteristik manusia yang dapat dikaitkan dengan merek. Kepribadian merek adalah identitas konsumen. Semakin dekat Anda bisa mendapatkan kepribadian merek Anda dengan audiens target Anda, semakin mudah untuk menjual kepada mereka.

Virgin Atlantic Airlines menampilkan kepribadian yang energik, agresif, dan penuh gairah. Ketika Anda memikirkannya, merek Virgin memiliki kepribadian yang mirip dengan pendirinya, Richard Branson. Apple dikenali melalui atribut kepribadian mereknya – inovatif, bergaya, keren, kasual, dan gratis & mudah.

Pertimbangkan atribut manusia apa yang dapat dikaitkan dengan merek Anda sehingga konsumen dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan barang dan jasa Anda.

Tentukan positioning merek Anda

Di pasar yang ramai, sangat penting untuk memposisikan produk Anda dengan tepat. Membedakan diri sendiri adalah elemen penting dalam menetapkan pemosisian Anda. Jika Anda memulai produk atau layanan baru, Anda tidak perlu menemukan kembali roda. Kuncinya adalah mencari tahu bagaimana Anda dapat memperbaiki roda yang sudah ada.

Cara terbaik untuk menentukan positioning merek Anda adalah dengan melihat apa yang ditawarkan pesaing di pasar. Bagaimana kualitas produk atau layanan mereka? Di mana posisi mereka di pasar dalam hal harga? Bagaimana tingkat layanan pelanggan mereka? Jam berapa mereka beroperasi? Setelah Anda mengidentifikasi apa yang dilakukan pesaing, cari lubang di pasar yang saat ini tidak terlayani oleh penyelesaian.

Pada akhir tahun 1990-an saya mengoperasikan butik wanita di pusat perbelanjaan Singapura yang berada di antara dua hotel besar. Toko-toko di mal tidak buka sampai pukul 11:00. Setiap hari saya mengamati sejumlah turis berjalan di sekitar mal tanpa tujuan di pagi hari mencari tempat untuk dikunjungi atau sesuatu untuk dibeli.

Untuk mengakomodasi pembeli potensial ini, saya mengubah jam kerja saya dari jam 11 pagi menjadi jam 9 malam menjadi jam 10 pagi sampai jam 8 malam. Saya telah mengidentifikasi adanya lubang di pasar dan kemudian membuatnya nyaman bagi pelanggan saya untuk berbelanja dengan menggeser jam kerja saya satu jam. Tak perlu dikatakan, saya melakukan banyak bisnis antara jam 10 pagi dan 11 pagi.

Lihatlah pesaing Anda. Apa yang dapat Anda pelajari dari mereka yang memungkinkan Anda memposisikan diri Anda secara berbeda yang merupakan nilai tambah bagi konsumen? Sesuaikan satu atau dua hal dan lakukan dengan lebih baik daripada pesaing Anda untuk menetapkan posisi Anda di pasar.

Membuat cetak biru merek sederhana untuk produk atau layanan baru Anda akan menempatkan Anda jauh di depan orang yang memulai bisnis dan kemudian membuka pintu bisnis mereka.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *